3/11/2009

Ternyata aircraft itu...

Baru dua hari masuk kelas training aircraft familiriarization (baca:FAM), kpala rasanya mau pecah [hehe lebay sih] ;p Koq ribet banget yah dalemnya pesawat. Cerdas bgt yg bikin teknologi ini. Hmh... Seorang rekan kantor yg dulunya lulusan STM Penerbangan berkata "Fir, materi FAM di buku ini, rangkuman apa yg gw pelajarin 3tahun dulu di STM!" Haha..masa siyh? parah juga ternyata...

Bayangkan, peserta FAM ini adalah new comer dlm dunia perpesawaterbangan [ini bahasanya asal ginih]. Background pendidikan yg bener2 jauh dari yg namanya teknik-apalagi tentang pesawat...

Di kelas ini, yg diajarin apah..? Mari kita simak...

Intinya,kita blajar tentang smua-smua yg berhubungan sama pesawat civil comersil yg masih paling banyak dipakai industri penerbangan, yakni Boeing 737 classic [seri 737-300, 737-400,737-500]. Blajar ttg control cabin/ flight compartment, lighting, engine, starting engine, fuselage, electronic equipment, lifting, jacking, towing, powerplant danger areas, lubrications, electrical power, pneumatic&air conditioning,dll... [itu baru yg 2hari ini.masih ada 3hari kedepan & masih banyak materi yg laiiinnnn....]

Namanya bacground peserta jauh dari pesawat, pertanyaan2 yg muncul jg lucu2.., diantaranya:

"Yang disebut engine 1 itu yg mana, yg engine 2 itu yg mana?" dan dengan bijak sang trainer menjawab "kalau menghitung apapun yg ada di pesawat, biasakan dari arah KIRI pesawat.jadi kita harus searah/seposisi dgn pesawatnya. So,engine 1 adalah yg sebelah kiri pesawat"

Eh,lanjut lagi "trus klo starting engine, yg mana dulu yg dinyalain? kiri/kanan?" si trainer yg harus super sabar pun menjawab "biasanya pesawat normal engine 2 dulu yg nyala. karna apa? karna engine 2 ada di sebelah kanan, bagian servicing/crew smua ada di kanan, termasuk lavatory,dkk. jadi kondisinya dibikin save buat penumpang,karna bagian penumpang smua di sebelah kiri [termasuk pintu masuk n pintu darurat penumpang, smua di kiri]"

Bagian yg seru lagi, ktika bahas structure pesawat. Ngomongin horizontal n vertical stabilizer. Cuma ngomongin belok kanan-kiri, naik turun, miring ini itu, antara pesawat n arah stabilizerrnya, bahkan untuk nebak 'klo idung pesawat mengarah ke kiri ([engen belok kiri) maka vertical stabilizer mengarah kemana?" aja lamaaa bgt diskusi n tebak-tebakannya. Haha..kocak skaliy kelas ini... :D ->jawabannya ya ke kiri juga;p

Meskipun ngantuk, tapi seruuuu... logika-logika yg sulit dan penuh filosofi... Sampe diajarin pula urutan starting engine: Nyalain APU [auxiliarate power unit] - APU bwt starting engine 2 - engine 2 udah nyala, matiin APU - trus Engine 2 yg udh nyala,buat cross blade start unt nge-starting engine 1] - yeah lumayan kali aja bisa gantiin co-pilot starting pesawat.hihihhh ;p ...

Dan salah satu kata2 sang trainer yg bikin merinding adalah:

"Jangan salah, siapapun yg bekerja dalam industri maintenance pesawat ini, turut berkontribusi terhadap savety / keamanan setiap pesawat yg kita maintain.. meskipun anda tidak menyadarinya.." -> Halah pak...tambah berat aje...

Merinding deh, mretelin filosofinya pesawat, sama aja seperti membuka mata bahwa ketika kita naik pesawat,pada dasarnya kita siap untuk 'meledak diudara, jatuh, menghilang tanpa jejak, dll' yg ada jadi tambah takut naik pesawat... :D

Hmh...tapi don't worry jg, sistem dipesawat dibuat fail backup ny sampai 3. Power engine yg 1 mati, masih bisa pakai 1engine yg lain.klo smua engine mati, turunin ketinggian pesawat ke 10.000kaki n then APU bisa dijadikan power. Klo APU mati jg, apa yah? ohya, ada Batre ny jg dipesawat [kebayang yah gede ny segimana itu batre?:D ]

Yah..indistru high risk, high cost, n need high competence especially for maintenance engineer nya...

No comments: