4/02/2009

Yang The Best Pasti Mau Sharing - dalam konteks Knowledge Management

"we Recruit The Best - Retain The Best - Pay The Best"

Tiga prinsip diatas slalu dijalankan oleh Astra International sejak awal perekrutan karyawan. Nggak heran, knowledge management disana sudah sangat kuat mendarah daging dan menjadi budaya perusahaan.

Narasumber terpercaya yang baru saya kunjungi kantornya di AMDI hari ini [Kamis, 2 April 09], Efendy Tjendera & Paulinus Sutedja, berkata:
"Recruit The Best - Retain The Best - Pay The Best" -> karna yg the best pasti mau sharing.

So, knowledge management mreka memang sudah sangat terintegrasi, bahkan dari awal merekrut karyawan. Merekrut orang-orang yang punya passion unt sharing. Ya orang2 yg 'the best' sesuai 4 catur dharma mreka. Sungguh kultur yang sangat bersahaja.

Kenapa bersahaja? karna catur dharma mreka sangat simple, sederhana, membumi, realistis, dan yang paling penting, tidak oportunis.

Saya jadi ingat nasihat ibu saya tercinta, beliau slalu bilang:
"Satu-satunya harta yang nggak mungkin bisa dicuri adalah ILMU. Meskipun kamu membagi ilmu yang kamu punya kepada orang lain, ilmu yang kamu beri itu nggak akan hilang atau berkurang. Malah justru akan semakin bertambah. Apalagi kalau kamu ikhlas, InsyaAllah akan menjadi amal jariyah, yang pahalanya tetap mengalir meskipun kita sudah mati."

Sungguh tantangan terberat dalam mengemban tugas sbagai pendatang baru di dunia Knowledge Management ini adalah mengubah pola pikir dan paradigma lama dimana orang enggan sharing. Merasa nilai jualnya berkurang kalau sharing ilmu. Mengubah kultur menjadi lebih open minded terhadap suatu perubahan, sangat-sangat sulit...

Padahal logikanya, orang yg ikhlas berbagi ilmu / sharing, pasti akan terpacu untuk menjadi "LEBIH" dari yg mereka share kan. Jadi, cara kita untuk menjadi lebih baik adalah dengan berbagi. Karna kalau kita tidak mau sharing, ilmu kita tidak akan meningkat, tapi akan stuck disitu saja. Orang lain juga tidak akan respect sama kita. karna pelit membagi ilmu.

So, apa untungnya meng-keep sendiri knowledge yg qt miliki. Toh kalau tidak dari kita, orang bisa belajar dari yang lain. Dan reputasi kita justru akan semakin menurun karna 'pelit ilmu' tadi.
Kita malah akan berkubang menjadi manusia konserfatif yg tidak mau maju dan berkembang, sementara dunia sudah berlari sangat kencang.

Dan, perusahaan sebesar Astra International pun, benar-benar menjalankan pola sharing session rutin yang benar-benar manual alias harus face to face. Hmh...fasilitas yang disediakan pun nyaman..tak-tanggung-tangg
ung memang...


Yang the best pasti mau sharing - sangat logis.
Karna kalau dia cerdas, dia benar-benar faham,
bahwa dia tak akan kehilangan apapun dengan berbagi (^_^)


note:
hanya sedikit oleh2 benchmark ke AMDI. lumayan diskusi dengan pakar KM, 2jam lebih ;p

No comments: